Pertemuan diwageningen

Hari ini (Kamis, 16 November 2017), delegasi Politani Negeri Kupang bertemu dengan pihak Van Hall Larenstein University of Applied Science di Wageningen, Belanda. Politani Kupang yang diwakili oleh Johanis Jermias, MSc, Ewaldus Wera, PhD, Melinda Moata, PhD, Dr. Bambang Hadisutanto, Abner Lema, MSi dan Cardial Leo Penu, MSc bertemu dengan Team International Officer of Van Hall Larenstein University. Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan untuk menindaklanjuti MoU (Memorandum of Understanding) yang baru saja ditanda tangani oleh kedua belah pihak di Politani Kupang, Jumat 13 Oktober 2017.  

Tandatngn MoU

Kerjasama yang dirintis oleh Politani Kupang ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Politani Kupang dan juga membangun jaringan kerjasama (networking) internasional. Beberapa hal yang menjadi sasaran kerjasama ini adalah joint research bidang forestry, landscape dan integrated farming system. Diharapkan dengan adanya kolaborasi diantara paraahli dari kedua perguruan tinggi ini akan dapat menghasilkan berbagai model teknologi dan publikasi ilmiah bertaraf internasional.  Hingga saat ini, sebuah proposal kolaborasi riset sementara disiapkan untuk diusulkan ke Uni Eropa dan juga Kemenristek DIKTI, Indonesia. Pertemuan ini direncanakan akan dilanjutkan pada tanggal 24 November 2017 di Dronten, Belanda yang akan dihadiri oleh beberapa peneliti dari Van Hall Larenstein University untuk lebih mempertajam beberapa item kerjasama terutama joint research.                                                                                                                                                      

Pengembangan kurikulum (Curriculum development) juga menjadi perhatian yang cukup serius dari kerjasama ini. Kuriulum di berbagai Universitas Terapan (applied science universities) di Belanda telah menerapkan competencies based education secara baik. Untuk mencapai kompetensi yang diharapakan/sesuai kebutuhan dunia kerja, pihak universitas selalu membangun komunikasi dengan pihak industri untuk menetapkan kompetensi yang dibutuhkan. Kerjasama yang baik antara perguruan tinggi dan pihak industri sangat efektif untuk meningkatkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Hal ini telah membawa negara kincir angin ini sebagai negara pengeksport hasil pertanaian nomor dua setelah Amerika Serikat.

Politani Kupang di bawah koordinasi Wadir IV (DR. Andrijanto Angi) juga telah menjalin kerjasama dengan Wageningen University and Research (Business Economics Group). Saat ini tim Politani sedang menjalin komunikasi dengan Nordwin College dan Aeres University of Applied Science, Belanda untuk membangun kerjasama-kerjasama yang saling menguntungkan.

Delegasi Politani

RizVN Login